SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA,,,HAL-HAL YANG MENGENAI PENAMPILAN..ISI..TATA LETAK YANG SAYA HIDANGKAN..ITULAH KEMAMPUAN SAYA..LAKUKAN APA YANG ANDA BISA,,






Monday, 3 January 2011

Hukum Bacaan mim mati

Hukum Bacaan Mim mati

Hukum mim mati merupakan salah satu dari bagian ilmu tajwid yang harus dipelajari sebagaimana ilmu tajwid yang lainnya..

Manakala ada mim mati bertemu salah salah satu dari huruf hijaiyah,,memiliki 3 bacaan..yaitu,,Idhar Syafawi..Idghom Mimi (Mutamatilain)..dan Ikhfa' Syafawi..

Okelah Mari kita jlentreh satu per satu,,,



PERHATIAKAN DENGAN SEKSAMA..INI MUDAH...BIAR TAK ADA PENGULANGAN KEMBALI 1.  Ihkfa Syafawi
  
    Ikhfa artinya samar
    Syafawi artinya  bibir
    Secara rinci yaitu  menyamarkan suara mim mati ketika bertemu BA' ( ب)...
    Adapun cara membacanya yaitu dibunyikan samar-samar di bibir dan agak didengungkan..
  
    Perhatikan contoh di bawah ini :

    
    Kenapa dibaca Ikhfa' Syafawi ?
    Karena ada mim mati yang bertemu  huruf ba  dan dibaca samar

2. Idghom Mimi (Mutamastilain)

    Idghom artinya memasukkan
    Mutamastilaini artinya dua huruf yang sama..maka dari itu juga bisa disebut  Idghom Mimi
    Secara rinci yaitu Memasukkan suara huruf yang pertama ke huruf yang kedua..
    Adapun cara membacanya yaitu ketika memasukkan suaru mim mati ke mim yang kedua..agak 
    diperlama dan agak dengung.( Ghunnah )
    
     Perhatikan contoh di bawah ini :
   
      
     Kenapa dibaca Idghom Mutamastilain (mimi) ?
     Karena ada mim mati yang bertemu  huruf mim  dan dibaca dengung


3.  Idhar Syafawi
   
    
    Idhar artinya jelas atau terang
    Syafawi artinya bibir
    Secara rinci yaitu  menjelaskan suara mim mati ketika bertemu dengan huruf 26 yaitu selain mim
    dan ba..
    Adapun cara membacanya yaitu menjeaskan suara huruf mim tanpa didengungkan serta mulut
    tertutup..
  
     Perhatikan contoh dibawah ini :

    

     Kenapa dibaca Idhar Syafawi ?
     Karena ada mim mati yang bertemu  salah satu huruf 26  dan wajib dibaca jelas
     Ada tambahan bahwasanya ketika ada huruf mim mati bertemu wawu dan fa..suaru mim 
    mati lebih di perjelas..cuman hanya pada dua huruf ini saja yang ada penekanannya..


  semoga bermanfaat....amin

Hukum Bacaan Lam Jalalah dan Ro



Penjabaran Hukum Bacaan Lam Jalalah dan Ro

LAM JALALAH

Yang dimaksud lam disini adalah lam yang berada dalam lafal Allah, bukan lam yang berdiri sendiri..fahimtum ?

Oke langsung saja... Hukum Bacaan Lam Jalalah terbagi menjadi dua yaitu TAFKHIM ( tebal ) dan TARQIQ ( tipis )...

  • DIBACA TAFKHIM ( tebal )...Ketika lafal Allah didahului oleh harokat Fathah (coret atas)atau   Dhommah (coret atas) contoh :    وَاللَّـهُ ....إِنَّ اللَّـهَ


    DIBACA TARQIQ
    ( tipis )...Ketika lafal Allah didahului oleh harokat Kasroh (coret bawah )
    contoh :

    ,,,,عِندِ اللَّـهِ
    ,,,,   بِاللَّـهِ

BACAAN LAM JALALAH SANGAT MUDAH..GANTI NIH YANG BAWAH..MARI DIPELAJARI


HUKUM RO

Hukum ro juga terbagi menjadi dua bacaan..yaitu TAFKHIM ( tebal ) dan TARQIQ ( tipis )...


1. DIBACA TAFKHIM ( tebal )...

  • Manakala Ro menyandang harokat Fathah dan Fathahtain..Ex : رَبَّنَا,,   ...
  • Manakala Ro menyandang harokat Dhommah dan Dhommahtain . Ex :  ,,رُسُلِكَ
  • Manakala Ro Mati didahului Fathah atau Dhommah. Ex :  ,,وَالْأَرْضِ
  • Mankala Ro Mati didahului harokat Kasroh yang bertemu huruf Isti'la (huruf-huruf yang cara membacanya bibir agak diangakat..yaitu terkumpul dalam lafadz KHUSHO DHO'THIN QITH ..KHO..SHOD..DHOD..'AIN..THO..QOF..DHO ). Ex :  qirthoosin,,mirshoodin
  • Mankala Ro  Mati didahului oleh huruf mati selain YA yang sebelumnya ada Fathah atau Dhommah dan di waqofkan. Ex:..watrinn..khusrinn..'asrinn

2.  DIBACA TARQIQ (tipis)

  • Manakala Ro menyandang harokat Kasroh atau Kasrotain. Ex:  ,,ذَكَرٍ
  • Manakala Ro mati didahului kasroh yang sebelumnya tidak didahului hamzah washol dan tidak bertemu huruf Isti'la. Ex:,, فَاغْفِرْ
  • Mankala Ro menyandang harokat Fathah dan Dommah dan Ro dibaca waqof yang sebelumnya ada huruf YA mati. Ex:,,,قَدِيرٌ


MAAF ..ADA SEBAGIAN YANG CONTOHNYA TIDAK TULISAN ARAB..

Hukum Bacaan Idghom

Penjabaran Hukum Bacaan Idghom

Oke ,,pelajaran tajwid yang selanjutnya mengenai IDGHOM.
Kalau kemarin-kemarin Idghom ada di hukum bacaan nun mati atau tanwin...ada juga yang di hukum bacaan mim mati,,,sekarang bukan yang ada pada keduanya...pelajaran ini khusus tentang idghom..
Langsung saja wesss,,,

Dalam pelajaran kali ini..Idghom terbagi menjadi 3 bacaan,,,(diinget lo ya),,yaitu Idghom Mutamastilain...Idghom Mutaqorribain...Idghom Mutajanisain..

Mari kita bahas satu per satu,,,,,,,,,,,,,,

1.  Idghom Mutamastilain

Udah tau kan arti Idghom tu apa...kalo belum klik disni ,,,kalo mutamatsilaini...klik disini uga
Pengertian secara istilahnya adalah memasukkan huruf yang mati dari satu kalimat pada huruf yang serupa atau sama dan benar-benar di lain kalimat (dua arti)

Perhatikan contoh dibawah ini:


2.  Idghom Mutaqorribain

Mutaqorribain menurut bahasa adalah dekat
Pengertian secara istilahnya adalah memasukkan satu huruf yang mati ke huruf  lainnya yang hampir sama bunyi dan mahkrojnya dengan kata lain berdekatan.

Perhatikan contoh dibawah ini:


3.  Idghom Mutajanisain

Mutajanisain menurut bahasa adalah sejenis
Pengertian secara istilahnya adalah memasukkan satu huruf yang mati ke huruf  lainnya yang makhrojnya sama tetapi sifat hurufnya berbeda. 

Perhatikan contoh dibawah ini:




RANGKUMAN


  • Idghom Mutamasilaini          : Sama mahkroj dan sifatnya
  • Idghom Mutaqorribain         : Dekat Mahkroj dan sifatnya
  • Idghom Mutajanisaini           : Sama mahkroj beda sifat
HATI-HATI DALAM MEMBACA..USAHAKAN BENAR-BENAR SESUAI TAJWID

Hukum Bacaan Al-Ta'rief

QOMARIYAH
SYAMSIYAH


 Penjabaran Hukum Bacaan Al-Ta'rief
Hukum bacaan al-ta'rief yang biasa dikenal dengan bacaan al gitu saja..terbagi menjadi dua,,yaitu Al-Qomariyah dan Al-Syamsiyah

Oke daripada banyak basa n basi langsung saja ya,,

1.  Idhar Qomariyah

    Idhar menurut bahasa adalah jelas
    Al- Qomariyah menurut bahasa adalah rembulan
    Secara rinci yaitu menjelaskan suara al ketika bertemu dengan huruf 14...biasanya dalam kitab 
    Syifaul Jinan terkumpul dalam lafadz  ABGHI KHAJJAKA WAKHOF   'AQIMAH

    Karena Al- Qomariyah menurut bahasa berati rembulan,,dan rembulan sendiri itu dapat dilihat
    dengan jelas,,maka cara membaca bacaan Al-Qomariyah adalah IDHAR / JELAS.

    Perhatikan contoh di bawah ini :



       Alasan kenapa di baca idhar qomariyah,,karena Al terbaca dengan jelas

2.  Idghom Syamsiyah

    Idghom menurut bahasa adalah memasukkan
    Al- Syamsiyah menurut bahasa adalah Matahari
    Secara rinci yaitu memasukkan suara al ketika bertemu dengan huruf 14...biasanya dalam kitab 
    Syifaul Jinan terkumpul dalam lafadz THIB STUMMA SHIL ROHMAN TAFUZ DHIF DZA
    NI'AM DA' SUUA DHONNI ZUR SARIIFANILKAROM

    Karena Al- Syamsiyah menurut bahasa berati matahari,,dan matahari sendiri itu tidak dapat dilihat dengan jelas,,maka cara membaca bacaan Al-Syamsiyah adalah di idghomkan atau dimasukkan

    Perhatikan contoh di bawah ini :


 Alasan kenapa di baca Idghom Syamsiyah,,karena Al tidak dapat terbaca dengan jelas dan langsung masuk ke huruf selanjutnya




RANGKUMAN LIHAT DIAGRAM DI BAWAH INI 



Tentang Bacaan Qolqolah















Pengertian Qolqolah

Qolqolah menurut bahasa berati menggoncangkan atau memantulkan
Secara rinci yaitu huruf apabila diucapkan terjadi guncangan pada mahkrojnya sehingga terdengar pantulan yang sangat kuat.

Huruf-huruf Qolqolah ada 5...yang biasa terkumpul dalam lafadz QOTHBUJADIIN...ada juga yang makek kata DITOKO BAJU,,,gak usah repot.yang peting sama hurufnya yaitu QOF..THO..BA..JIM..DAL

Qolqolah terbagi menjadi dua, yaitu Qolqolah Sughra dan Qolqolah Kubro...Oke daripada klamaan,,mari kita bahas satu persatu,,

1.  Qolqolah Sughro

     Qolqolah menurut bahasa berati menggoncangkan atau memantulkan
     Sughro berarti kecil
     Secara rinci yaitu mengguncangkan suara huruf  QOTHBUJADIIN yang benar-benar di sukun 
     asli ( biasanya ada di tengah kalimat )

     Perhatikan contoh di bawah ini :




2.  Qolqolah Kubro


     Qolqolah menurut bahasa berati menggoncangkan atau memantulkan
     Kubro berarti besar
     Secara rinci yaitu mengguncangkan suara huruf  QOTHBUJADIIN yang  masih berharokat 
     tetapi dibaca waqof dan di akhir kalimat ( biasanya ada di akhir kalimat )

      Perhatikan contoh di bawah ini :


MUDAH KAN..AJARKAN KE YANG LAIN

Cara Auto Hide Navigation Bar Blogger

 

 

 

 

 

 Cara Auto Hide Navigation Bar Blogger

langsung saa ya....Katanya KH. Anwar Zahid...Kulhu ae kesuwen....

Caranya Gampang..
1. Login Ke Blogger
2. Klik Rancangan > Edit HTML
3. Cari Kode Body { abis itu masukkan kode ini di atasnya..

#navbar-iframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)} #navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100,FinishedOpacity=100)} 



ceptan keluar liaten hasilnya......wah pelanggaran ini,,,

Bacaan Ghorib Musykilat


BACAAN GHORIB

Ghorib artinya asing
Dikatakan ghorib karena bacaan ini memang bacaan yang asing..dalam artian bacaan yang tidak sama dengan tulisannya,,
Langsung saja ya..

SAKTAH
Yaitu berhenti sejenak tanpa bernafas dengan niat meneruskan bacaan. Dalam Al-Quran menurut Imam ‘Ashim riwayat Hafs ada 4, yaitu
  1. Surat Al-Kahfi ayat 1.
  2. Surat Yasin ayat 52.
  3. Surat Al-Qiyamah ayat 27.
  4. Surat Al-Muthoffifin ayat 14...(lihat contoh dan tanda saktah dibawah ini)

IMALAH
Yaitu memiringkan bacaan, dari fathah ke kasroh. Atau juga memiringkan alif ke ya’. Untuk imam Hafs, Bacaan imalah dalam Al-Quran hanya terdapat dalam surat Hud ayat 41..yang seharusnya dibaca majraaha dibaca menjadi majreeha.

Lihat dibawah ini :
  
NAQL
Yaitu memindahkan harokat suatu huruf ke huruf sukun sebelumnya. Menurut imam hafs bacaan ini juga hanya terdapat dalam surat Al-Hujarat ayat 11 yaitu.
Kenapa kok dibaca naql..
Karena terdapat dua hamzah washol (hamzah yang tidak dapat dibaca ditengah kalimat),,yakni hamzah yang terdapat al dan ismu,,yang mengapit lam sehingga lam tidak dapat terbaca dikala sambung dengan kata sebelumnya.

Lihat contoh ini :

ISYMAM
Yaitu membaca harakat kata yang diwaqof tanpa ada suara dengan mengangkat kedua bibir setelah memasukkan huruf yang di rafa’ (dhommah). Bacaan ini hanya ada 1 yaitu dalam surat yusuf ayat 11.
Cara membaca :
Tulisannya kan “laa ta’manna”  menjadi   “laa ta’ manuuna” tetapi kata “nuu” dalam “laa ta’manuuna” hanya di isyaratkan dengan gerakan bibir ditambah mencucu tanpa ada suara.  Pahaam gak….

Lihat contoh ja deh 





TASHIL
Tashil artinya mudah
Yaitu memudahkan bacaan hamzah yang kedua dengan bunyi leburan suara hamzah dengan alif.  Bacaan ini terdapa dalam surat Al-Fushhilat ayat 44..

Lihat contoh ini..yang berwarna ijo lho


Tulisannya kan seperti itu,,tetapi hamzah pertama dan kedua cara bacanya agak dimiringkan ketika bertemu dengan hamzah qotho yang berurutan pada satu kata…

bagi saya ini sangat sulit..hehehehe..saya kemarin pas tashih tilawati cuman gara-gara bacaan ini,,gak lulus,,eee akhirnya pada putaran kedua,,aku lulus dan akhirnya mendapatkan musyahadah,,bisa digunakan untuk ngulang deh…(malah curhat ..hehehe)

Maaf para pembaca..sebenarnya bacaan ghorib musykilat itu ada banyak..tetapi ini yang lebih penting...lain kali bisa tak sambung lagi kalo sempet...hehehehe

PELAJARI YANG INI...TIDAK SEMUDAH YANG ANDA BAYANGKAN,,,TELITILAH DALAM MEMBACA...SEMOGA BERMANFAAT..

Hukum bacaan mad far'i/dua


MAD IWAD

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Iwad artinya ganti
Hukumnya wajib di baca 1 alif

Perhatikan contoh di bawah ini :


Mengapa dibaca Mad Iwad ?
Manakala ada Fathahtain (coret atas dobel) yang bertemu dengan alif di akhir kalimat , maka cara bacanya diganti dengan Mad Thobi’i

MAD FARQI

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Farqi berarti pembeda
Secara rinci yaitu untuk membedakan antara susunan kalimat bertanya dan kalimat berita.
Hukumnya yaitu dibaca 3 alif

Perhatikan contoh di bawah ini :


Mengapa dibaca Mad Farqi?
Manakala ada  hamzah istifham (hamzah untuk bertanya) yang bertemu dengan hamzah Al,  maka hamzah Al menjadi panjang.

MAD LAZIM

Mad Lazim adalah mad yang bertemu dengan sukun tetap
Hukumnya dibaca 3 alif
Macamnya ada 4 : Mad Lazim Mustaqqol Kilmi,,,Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi.. Mad Lazim Mustaqqol Harfi,,,Mad Lazim Mukhoffaf Harfi..

Bingung gak,,,,ayo kita bahas semua deh…


MAD LAZIM MUTSAQQOL KILMI

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Lazim berarti pasti atau wajib
Mutsaqqol artinya diberatkan
Kilmi berarti Kalimat

Perhatikan contoh dibawah ini :


Mengapa dibaca Mad Lazim Mustaqqol Kilmi?
Manakala ada  mad yang bertemu dengan tasydid dalam satu kalimat yang harus di idghomkan  cara membacanya.


MAD LAZIM MUKHOFFAF KILMI

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Lazim berarti pasti atau wajib
Mukhoffaff artinya ringankan
Kilmi berarti Kalimat

Perhatikan contoh dibawah ini :
 
Bacaan ini dalam Al-quran hanya terdapat 1 kata, yang terletak di dua tempat dalam surat yunus

Mengapa dibaca Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi?
Manakala ada  mad yang bertemu dengan sukun yang tidak diidghomkan/tidak ditasydidkan.     


MAD LAZIM MUTSAQQOL HARFI

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Lazim berarti pasti atau wajib
Mutsaqqol artinya diberatkan
Harfi berarti huruf

Perhatikan contoh dibawah ini :


Mengapa dibaca Mad Lazim Mustaqqol Harfi?
Awalan surat yang berbentuk ayat Musytabihat yang diidghomkan / bertemu dengan tasydid.
ayat Musytabihat adalah awalan surat yang tidaj diketahui artinya.


MAD LAZIM MUKHOFFAF HARFI

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Lazim berarti pasti atau wajib
Mukhoffaf berarti yang diringankan
Harfi berarti huruf

Perhatikan contoh dibawah ini :
 

Mengapa dibaca Mad Lazim Mukhoffaf Harfi?
Awalan surat yang berbentuk huruf Musytabihat yang tidak diidghomkan / tidak bertemu dengan tasydid.

huruf Musytabihat adalah awalan surat yang tidaj diketahui artinya.
Huruf-huruf mad lazim harfi yang ada pada pembukaan-pembukaan surat di dalam Al-Quran ada 8,,yang biasa dikumpilkan dalam rumus : SANAQUSSHU ‘ILMAKA..
Adapun huruf yang 5 lainnya, yang juga di permulaan surat-surat Al-Quran yang  dirumuskan dengan KHAYYUN THOHURO maka hukumnya adalah mad thobi’i
Sedang satu lagi yang lain, yaitu alif  tidak termasuk mad
Tambahan lagi …perbedaan antara Hamzah dan Alif yaitu
Alif                   : Tidak menyandang harokat
Hamzah          : Menyandang harokat


DENGAN MENGAJAR...HAFALAN ANDA MENJADI SEMAKIN KUAT..

Hukum Bacaan Mad

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Menurut istilah ahli qiroat berarti membaca sebuah huruf panjang lebih dari satu alif
Hukum mad dibagi menjadi dua yaitu Mad Thobi’I dan Mad Far’i

Okelah reader..mari kita pelajari satu per satu

MAD THOBI’I

Seperti yang dijelaskan di atas..dinamakan mad tobi’I karena orang yang punya tabiat sehat dan normal tidak akan membacanya lebih atau kurang dari 1 alif (= 2 ketukan), baik ketika washol (baca terus),,atau waqof. Membacanya kurang  dari 1 alif hukumnya sangat makruh.
Huruf Mad itu ada 3..biasa saya kumpulkan dalam lafadz AYU ( Alif..Ya..Wawu )..dengan kaidah dibaca panjang ketika :
  • Alif Jatuh setelah harokat Fathah ( coret atas )
  • Ya mati jatuh setelah harokat Kasroh ( coret bawah )
  • Wawu mati jatuh setelah harokat Dhommah ( spt wawu coret atas ) 

Perhatikan contoh Mad Thobi’I dibawah ini :



MAD FAR’I

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Far’I artinya cabang
dikatakan Far’i karena memang cabangnya dari Mad Thobi’i.
Langsung saja saya jelaskan nggeh…


MAD WAJIB MUTTASIL

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Muttasil artinya sambung
Menurut Imam Hafsh wajib dibaca 2   ½ alif

Perhatikan contoh di bawah ini :

Mengapa dibaca Mad Wajib Muttasil ?
Karena ada bacaan mad thobi’I yang bertemu dengan hamzah dalam satu kalimat (satu arti)


MAD  JAIZ MUNFASHIL

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Munfashil artinya tidak sambung
Jaiz berarti pasti
Menurut Imam Hafsh wajib dibaca 2   ½ alif

Perhatikan contoh di bawah ini :

Mengapa dibaca Mad Jaiz Munfashil ?
Karena ada bacaan mad thobi’I yang bertemu dengan hamzah dalam dua kalimat (satu arti)


MAD  ‘ARID LISSUKUN

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
‘Arid  artinya  baru datang
Lissukun artinya karena sukun (mati)
Karena berhenti, boleh dibaca 1,2 atau 3 alif

Perhatikan contoh di bawah ini :

Mengapa dibaca Mad ‘Arid Lissukun ?
Karena ada bacaan mad thobi’I yang bertemu dengan huruf hidup diakhir kalimat yang mati karena waqof baru datang.


MAD  BADAL

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Badal artinya pengganti
Menurut Imam Hafsh wajib dibaca 1  alif

Perhatikan contoh di bawah ini :

Mengapa dibaca Mad Badal ?
Karena ada dua hamzah ..hamzah pertama hidup dan hamzah kedua mati,,kemudian hamzah kedua diganti dengan huruf yang cocok dengan harokat hamzah pertama


MAD  LAYIN ( LIN )

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Layin (Lin) artinya bengkong atau lunak
Hukumnya jawaz yaitu boleh dibaca 1 ,2,atau 3 alif

Perhatikan contoh di bawah ini :

Mengapa dibaca Mad LIn ?
Manakala ada huruf  Ya dan Wawu mati yang jatuh sesudah harokat Fathah yang berada di akhir kalimat atau diwaqofkan. (Lebih jelas lihat di surat Al-Quroisy)


MAD  SHILAH

Ha’ Dlomir ( kata ganti ) seperti..contoh dibawah yang diwarna merah ..kalo dalam bahasa Indonesia berarti –nya
Jika  Ha’ Dlomir diapit harokat, disebut Mad Shilah.
Mad Shilah terbagi menjadi dua, yaitu Mad Shilah Qoshiroh dan Mad Shilah Thowilah

Oke….mari kita perhatikan satu demi satu

MAD SHILAH QOSHIROH

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Shilah berarti hubungan
Qoshiroh artinya pendek
Hukumnya wajib di baca 1 alif

Perhatikan contoh di bawah ini :

Mengapa dibaca Mad Shilah Qoshiroh ?
Manakala ada Ha’ Dhomir yang dibaca panjang yang tidak bertemu dengan hamzah


MAD SHILAH THOWILAH

Mad menurut bahasa berarti tambah atau panjang
Shilah berarti hubungan
Thowilah artinya panjang
Menurut Imam Hafs dibaca 2  ½ alif

Perhatikan contoh di bawah ini :


Mengapa dibaca Mad Shilah Thowilah?
Manakala ada Ha’ Dhomir yang dibaca panjang yang bertemu bertemu dengan hamzah (biasanya ada tanda layar di atas ha’ dhomir)




HARUS SERING-SERING BACA AL-QURAN.. BIAR LEBIH PAHAM..BUKTIKAN SENDIRI...!!!